Pembatal Puasa Penggugah Selera

Tidak terasa sekarang kita sudah memasuki bulan yang berbeda dari sebelas bulan yang lainnya. Ditambah lagi dengan mulai terbitnya iklan sirup the series dan munculnya beragam lagu religi pasti sudah pada tahu dong kalau sekarang kita sudah sampai di bulan yang dinantikan oleh umat Muslim yaitu Bulan Ramadhan. 

Di bulan yang penuh dengan rahmat dan barokah ini biasanya dipenuhi oleh ajakan yang beragam, mulai dari ajakan beramal soleh, bersedekah, sholat tarawih, hingga buka bersama tetapi belum sampai ajakan hidup bersama. Nah, biasanya  kalau sedang banyak ajakan buka bersama begitu kalian pasti sering bingung kan mau membatalkan puasa dengan apa? Bosan dengan menu berbuka puasa yang gitu-gitu saja? Sekarang kalian gak perlu khawatir lagi karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa minuman dan makanan untuk berbuka puasa yang ada di Jatinangor yang gak cuma menghilangkan dahaga dan lapar tapi juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita yang sudah berpuasa selama lebih dari 12 jam lamanya. Let’s check this out!

1. Es Buah

(Rivan Herginza/Geocentric)

Es Buah merupakan minuman dingin yang di dalamnya terdiri dari potongan-potongan buah asli seperti semangka, blewah, melon, alpukat, dsb. yang kadangkala dicampur dengan sirup maupun susu. Bisa dikatakan bahwa Es Buah merupakan salah satu minuman pembatal puasa yang cukup mainstream karena sejak dulu sudah menjadi primadona minuman berbuka puasa kesukaan hampir semua orang. “Kita kan udah seharian berpuasa dan tubuh kita jadi banyak kekurangan ion-ion yang menyebabkan tubuh kita jadi lemas, jadi tubuh kita butuh gula, serat dan butuh yang segar-segar kayak es buah yang bisa ngilangin dahaga setelah kita berpuasa,” ucap Teh Rahma salah satu mahasiswi Unpad yang sempat kami wawancarai saat membeli Es Buah di daerah Jatinangor. Itulah mengapa Es Buah masih menjadi minuman untuk berbuka puasa favorit banyak orang hingga saat ini.

2. Es Pisang Ijo

(Rivan Herginza/Geocentric)

Tentunya setelah beraktivitas selama berpuasa tubuh membutuhkan sumber tenaga dan nutrisi yang dapat mengembalikan energi di dalam tubuh. Es Pisang Ijo adalah salah satu solusinya, karena selain rasanya yang manis dan enak, pada pisang yang ada pada Es Pisang Ijo juga mengandung asam amino dan magnesium yang berfungsi mengembalikan stamina tubuh agar tetap berenergi setelah beraktivitas selama berpuasa. Tidak sulit untuk menemukan penjual Es Pisang Ijo khususnya di daerah Jatinangor, salah satunya adalah Es Pisang Ijo Sawargi yang memiliki beberapa cabang di daerah Jatinangor. “Selama bulan puasa Es Pisang Ijo memang semakin laku dibandingkan dari bulan-bulan sebelumnya, makanya makin banyak cabangnya,  jualannya juga selalu habis,” ucap Mas Ali salah satu penjual Es Pisang Ijo di daerah Jatinangor. Tidak heran karena hanya dengan Rp.7.000,00 saja kita sudah bisa mendapatkan satu porsi Es Pisang Ijo dengan campuran delima dan bubur sumsum.

3. Kentang, Jamur dan Baso Goreng

(Rivan Herginza/Geocentric)

Makanan yang digoreng memang mempunyai ketertarikan tersendiri untuk dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah Kentang, Jamur, dan Baso Goreng. Selain teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, Kentang, Jamur Dan Baso Goreng juga memiliki kelebihan lain sebagai alasan untuk dijadikan makanan untuk berbuka puasa seperti halnya yang dikemukakan oleh salah satu mahasiswa Unpad yang sempat kami wawancarai yakni Kang Rivan. “Kentang, Jamur, dan Baso Goreng ini cocok untuk berbuka puasa karena memiliki kandungan karbohidrat yang cocok untuk mengganti energi yang udah terkuras untuk beraktivitas selama berpuasa. Makanan ini juga udah hit sih di sekitaran Unpad jadi ya anak Unpad wajib beli buat berbuka puasa.” ucap kang Rivan tentang pandangannya mengenai makanan tersebut.

4. Es Kacang Merah

(Rivan Herginza/Geocentric)

Minuman yang cukup jarang ada di Jatinangor ini merupakan salah satu menu berbuka puasa yang selain enak dan mengenyangkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Di dalam satu gelas es kacang merah terdapat beberapa potongan roti yang cukup mengenyangkan, kacang merah yang telah direbus dengan gula merah, potongan pisang, dan juga potongan cincau hitam. “Rasanya emang enak dan aku emang suka kacang merah sih. Kebetulan di Jatinangor cuma jual disini aja jadi belinya disini.” ucap Teh Ajeng salah satu mahasiswi Unpad yang sempat kami wawancarai di Bale Pabukon, Jatinangor. Kebanyakan minuman ini memang hanya dijual pada saat Bulan Ramadhan saja maka gak heran kalau banyak yang memburunya.

5. Telor Gulung Bihun

(Rivan Herginza/Geocentric)

Siapa yang sangka Telor Gulung Bihun menjadi salah satu makanan berbuka puasa favorit masyarakat di Jatinangor, hal ini dapat dilihat dari ramainya pembeli makanan tersebut pada saat sebelum berbuka. Selain harganya yang cukup terjangkau yakni Rp. 1.000,00 pertangkainya, teksturnya yang tidak biasa dan rasanya yang enak memang sangat menarik dan membuat nagih. “Alhamdulillah selalu habis sih, Neng. Ramai juga di Bulan Puasa ini terutama kalo udah mau berbuka puasa.” ucap Pak Aceng yang merupakan salah satu penjual Telor Gulung Bihun yang ada di Jatinangor.

Memang, sebentar lagi sudah memasuki waktu berlibur tetapi ketika masih ada waktu untuk berpuasa di Jatinangor, tidak ada salahnya untuk mencoba pembatal puasa di atas.

 

(Salsabila Evelyn/Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published.