Hidup Sehat itu Pilihan

Pola hidup sehat sangatlah penting sebagai investasi masa depan semua orang, terlebih lagi bagi mahasiswa mengingat kesibukan segunung yang harus dilakukan setiap hari, apalagi kalian anak lapangan yang butuh fisik dan mental yang ekstra. Aktivitas sehari-hari mulai dari urusan kuliah, mengerjakan tugas, praktikum, hingga himpunan dan organisasi lainnya bisa jadi alasan tumbang kapan saja.

Menurut data dari RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, rata-rata tiap 2 minggu sekali pasien yang melakukan cuci darah adalah mahasiswa akibat kurangnya minum air putih, kelebihan zat berbahaya yang dihasilkan dari pengawet dan pola hidup yang buruk sehingga memicu kerusakan ginjal akut. Pola hidup sehat memang kerap kali susah dilakukan apalagi mengingat kebanyakan kalian hidup mandiri tanpa orang tua alias ngekost, sehingga asupan dan aktivitas tiap hari tidak diperhatikan secara baik.

Buat kalian yang jarang memerhatikan diri sendiri, berikut beberapa hal sederhana yang bisa diterapkan untuk menjaga pola hidup sehat, yaitu:

1. Olahraga

Olahraga yang ringan apalagi dengan pasangan merupakan pilihan yang tepat (M. Rizky Yudhistira/Geocentric).

Fisik yang kuat dibutuhkan bagi kalian anak lapangan, maka dari itu mulailah bergerak! Kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke gym, cukup mulai dari hal kecil seperti lari-lari lucu disekitar kost-an yang dilanjutkan dengan olah otot. Selain membuat fisik menjadi lebih prima, olahraga juga bisa melancarkan metabolisme, menjaga kesehatan jantung serta membuatmu lebih bahagia. Ajak kerabat terdekat untuk berolahraga bersama adalah salah satu cara buat kalian yang mager. Sesibuk apapun, usahakan untuk menyempatkan waktu setidaknya 15-30 menit untuk berolahraga.

2. Pola makan teratur dan perhatikan asupan gizi

Jam terbang tinggi seringkali menjadi penyebab kalian melewatkan makan dan makan seadanya, sehingga pola makan dan asupan gizi menjadi tidak terkontrol. Padahal energi yang diperlukan dihasilkan dari asupan makanan yang masuk ke tubuh. Jangan lupa perhatikan pola makan ya, sebaiknya makan 3 kali sehari dengan perbanyak karbohidrat serta protein. Kurangi makan jajanan pinggir jalan, fast food, junk food dan kawan-kawannya. Usahakan untuk perbanyak sayuran dan buah-buahan dan yang terpenting jangan lupa sarapan, karena pagi hari adalah waktu terbaik tubuh untuk melakukan penyerapan gizi.

3. Rutin minum air putih

Ilustrasi kehausan (hellosehat.com).

Air putih memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh, untuk itu disarankan untuk setidaknya minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.  Air putih bukan hanya untuk mencegah dehidrasi akibat cuaca panas tetapi juga untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Buat kalian anak kost-an, biasakan untuk membawa botol minum dari rumah sehingga pengeluaranmu juga tidak membengkak serta ramah lingkungan.

4. Istirahat yang cukup

Begadang sering dianalogikan sebagai makanan sehari-hari sebagai mahasiswa, entah untuk mengerjakan tugas yang menumpuk, urusan rapat dan organisasi, nge-game ataupun sekedar kongkow bareng teman. Tapi tahukah kalian bahwa orang yang setiap malam tidur kurang dari enam jam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen? Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan tubuh sebelum kembali berkutat dengan aktivitas yang padat. Kebiasaan membayar tidur di waktu libur bukanlah hal yang disarankan, tidur bukan hutang yang bisa dibayar ketika weekend. Untuk itu mulai sekarang atur pola tidurmu dengan baik, minimal tidur 6-7 jam perharinya, dan jangan lupa diselingi dengan tidur siang secukupnya. Bukan hanya untuk fisik kamu tetapi juga buat jiwa dan pikiran yang sehat.

5.Ingat, merokok membunuhmu!

Ilustrasi merokok (M. Rizky Yudhistira/Geocentric).

Merupakan kesulitan tingkat dewa bagi mahasiswa khususnya lelaki untuk tidak merokok. Namun sebisa mungkin kurangi rokok yang kalian hisap, bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri, asap rokok juga dapat berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar. Lebih dari 217.400 penduduk Indonesia meninggal dunia akibat merokok (The Tobacco Atlas, 2015) dan sejak 2010 lebih dari 600.000 orang meninggal dunia akibat paparan asap rokok. Mulailah dari mengurangi 2 batang rokok tiap harinya dan mengganti dengan permen karet, lakukan secara bertahap hingga kamu setidaknya bisa berhenti merokok.

Dianggap sepele memang, tapi sangat berdampak untu masa depanmu. Yuk sayangi dirimu mulai sekarang, mulailah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti di atas untuk menjaga agar pola hidup tetap seimbang sebelum terlambat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

(LS/Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *