Tips Hemat Ala Anak Jatinangor

Jatinangor atau biasanya disingkat dengan Nangor merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak perguruan tinggi. Berbagai perguruan tinggi tersebut di antaranya, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, IKOPIN dan IPDN. Hal ini membuat Jatinangor kebanjiran ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah setiap tahunnya. Bagi mahasiswa yang merantau dari daerah jauh, mereka harus pintar beradaptasi dengan lingkungan baru.  Sebagai contohnya, kita dituntut tanggung jawab yang lebih besar mulai dari mencari makan sendiri, membeli keperluan sendiri, berangkat kuliah sendiri, dan sebagainya.

Di sinilah banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengatur keuangannya. Tapi jangan putus asa dulu, karena artikel ini akan membahas tips hemat ala anak Jatinangor berdasarkan survei penulis dengan bertanya di salah satu Official Account Line di Jatinangor. Kuy kuy!.

  1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan ke depan

Pertama buatlah daftar pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Mulai dari menyisihkan uang untuk bayar uang kas organisasi, DAP (Dana Awal Panitia), belanja bulanan, air galon, dan kebutuhan yang diperlukan. Hitung semua jumlah kebutuhan tersebut, agar kamu lebih mudah melihat jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhinya. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah anggaran ini dengan jumlah uang yang kamu peroleh setiap bulannya. Sehingga, kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan kamu dengan baik. Ingat, belanja yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.

Daftar pengeluaran agar uang tidak menghilang begitu saja. (stapico.com)
  1. Mencuci dan menyetrikan baju sendiri

Mudah kok, tiap tiga hari sekali atau seminggu sekali, usahakan mencuci baju dan menyetrikanya sendiri. Jangan jadikan alasan sibuk, penat atau mager untuk tidak melakukannya. Hitung-hitung kamu bisa membiasakan diri untuk bangun pagi. Jangan biarkan pakaian kotor bertumpuk banyak, karena nantinya kamarmu akan menjadi bau. Lumayan, dari pada mengeluarkan uang 150 ribuan perbulan untuk laundry di luar.

Cuci baju sendiri (Source: pinterest.com)
  1. Selalu membawa bekal dan air minum

Banyak banget lho manfaat membawa bekal dan air minum sendiri. Selain hemat, kamu bisa belajar memasak. Kamu bisa mengetahui kalau makanan yang kamu buat bersih dan aman, ini juga dapat membantu program dietmu dan yang terpenting kamu bisa mengatur rasa makanan kamu sesuai selera, seperti mengurangi rasa pedas atau menambahkan micin. Dengan membawa tumblr, kamu bisa menghemat pengeluaran air minum dan juga menolong pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Coba bayangkan dalam sebulan kalau kamu selalu membeli air minum, berapa banyak sampah botol plastik yang kamu hasilkan?

Salah satu cara berhemat dengan memasak dan membawa bekal sendiri (chicastuff.wordpress.com)
  1. Memanfaatkan flash sale atau diskon

Memanfaatkan unicorn-unicorn atau e-commerce untuk belanja hemat. Karena pada aplikasi tersebut, kamu bisa membandingkan harga suatu barang dari semua toko. Sebuah aplikasi belanja kadang tiap sebulan sekali mengadakan flash sale besar-besaran, pengembalian cashback, sampai free ongkir. Selain itu, juga bisa memanfaatkan diskon atau promo lainnya. Mahasiswa pasti sangat gesit untuk melihat hal-hal seperti diskon di supermarket, voucher e-money, promo makan gratis di kafe dan lain sebagainya.

  1. Mencari tebengan

Untuk kamu kamu yang tidak punya kendaraan pribadi, kamu bisa memanfaatkan temanmu untuk berangkat bersama  ke kampus. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi pengeluaran. Eits, jika kamu sering nebeng ke temannmu tidak salah juga sekali-kali memberikan uang parkir atau bensin. Jangan lupa diri ya! Hehe

Berhemat tidak selalu berarti membatasi diri sendiri dari berbagai kesenangan. Hanya saja kini kamu harus lebih tahu apa yang kamu butuhkan dan pengeluaran apa saja yang layak kamu singkirkan. Dengan berhemat, kamu lebih mendisiplinkan diri akan waktu, dirimu menjadi mandiri dan mulai belajar hidup sehat. Ingat, bukan seberapa banyak uang saku yang kamu dapatkan, tapi bagaimana kamu bisa mengelolanya dengan baik. Yuk, berhemat!

 

(Rahma Yesa/Geocentric)

One thought on “Tips Hemat Ala Anak Jatinangor

Leave a Reply

Your email address will not be published.