Tarawih Full Speed

Suasana masjid saat salat tarawih. (Rivan Herginza/Geocentric)

Salat tarawih merupakan salah satu amalan bulan Ramadan. Mengingat betapa berharganya bulan yang penuh berkah ini maka sudah sepatutnya kita berusaha untuk mengamalkan segala ibadah yang dapat dilakukan khususnya salat tarawih. Berdasarkan hasil survey dari tim editor Geocentric  yang telah dilaksanakan sejak tanggal 5 hingga 8 Mei 2019 di enam masjid berbeda di daerah Jatinangor, Sumedang, berikut merupakan urutan masjid-masjid dengan salat tarawih dan ceramah dari durasi tercepat hingga terlambat. Mau tau dimana saja? Let’s check this out!

  1. Masjid Al-Barokah Janati Park

Masjid ini memulai ceramah salat tarawih yang dimulai pada pukul  19.28 WIB selama 7 menit  dan salat tarawih dengan jumlah rakaat sebanyak 11 rakaat yang dimulai pada pukul 19.35 WIB dengan lama waktu salat selama 27 menit.  Sehingga durasi total salat tarawih dan ceramah di masjid ini adalah selama 34 menit.

  1. Masjid Jami As-Sholihat Cikuda

Masjid ini memulai ceramah salat tarawih selama 6 menit  sebelum melaksanakan salat tarawih sebanyak 11 rakaat dengan lama waktu salat selama 34 menit.  Sehingga durasi total salat tarawih dan ceramah di masjid ini adalah selama 40 menit.

  1. Masjid Al-Jabbar ITB dan Masjid Sukawening

Masjid Al-Jabbar memulai ceramah salat tarawih yang dimulai pada pukul  19.00 WIB selama 6 menit  dan salat tarawih dengan jumlah rakaat sebanyak 11 rakaat yang dimulai pada pukul 19.06 WIB, dengan lama waktu salat selama 39 menit.  Sehingga durasi total salat tarawih dan ceramah di masjid ini adalah selama 45 menit.

Berbeda dengan Masjid Al-Jabbar ITB, Masjid Sukawening tidak melaksanakan ceramah  sebelum salat tarawih, namun salat tarawih yang dilaksanakan di masjid ini memiliki jumlah rakaat sebanyak 11 rakaat dengan durasi selama 45 menit yang dimulai pada pukul 19.00 WIB

  1. Masjid Raya Unpad (MRU)

MRU memulai ceramah salat tarawih selama 14 menit sebelum melaksanakan salat tarawih  sebanyak 11 rakaat dengan lama waktu salat selama 32 menit.  Sehingga durasi total salat tarawih dan ceramah di masjid ini adalah selama 46 menit.

  1. Masjid Al-Hakim Ciseke

Masjid ini memulai ceramah salat tarawih selama 5 menit sebelum melaksanakan salat tarawih. Berbeda dengan masjid yang lain, di masjid ini salat tarawih dilaksanakan sebanyak 23 rakaat dengan lama waktu salat selama 45 menit.  Sehingga durasi total salat tarawih dan ceramah di masjid ini adalah selama 50 menit.

Nah itu dia urutan masjid di Jatinangor dengan salat tarawih dan ceramah dari durasi yang tercepat hingga terlambat menurut hasil survey. Sesungguhnya di bulan suci Ramadhan ini bukan masalah seberapa cepat atau lambat kita dalam beribadah, namun seberapa khusyuk dan ikhlas kita dalam melaksanakan ibadah itu sendiri. Semoga bermanfaat!

 

(Salsabilla Evelyn/Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published.