Manfaat Begadang yang Jarang Diketahui

Begadang merupakan kata yang sudah tak asing lagi dan sangat lumrah dilakukan oleh pelajar hingga pekerja yang biasa kerja lembur . Di kalangan mahasiswa begadang juga termasuk hal yang sudah biasa dilakukan, dikarenakan tugas yang menumpuk dan banyaknya deadline.

Apakah anda termasuk orang yang suka begadang? Untuk anda yang sering begadang jangan terlalu khawatir, karena begadang tak selamanya memberikan dampak negatif. Ada juga dampak positifnya loh! Apa saja? Kuy, disimak!

Begadang di malam hari (zetizen.jawapos.com)
  1. Punya kecerdasan (IQ) tinggi

Studi dalam jurnal “Personality and Individual Differences” mengatakan bahwa orang-orang yang suka tidur larut malam atau suka begadang memiliki kecerdasan yang tinggi, karena otak bisa benar-benar bekerja dengan baik di malam hari saat orang-orang sudah mulai lelah dan tidur.

  1. Lebih punya pemikiran kreatif

Alasan banyak orang menikmati kerja di malam hari, karena lebih memancing kreatifitas mereka. Dilansir dari jurnal “Personality an Individual Differences”, mereka yang hobi lembur atau suka begadang dapat lebih memberikan ide-ide kreatif dibanding yang lain.

  1. Tubuh terasa lebih kuat pada siang hari

Walau orang yang hobi begadang sangat sulit bangun pagi, tapi tubuhnya bisa terasa lebih kuat pada siang hari. Daya tahan tubuh dan kekuatan yang dimiliki bisa lebih tinggi pada siang hingga malam hari dibandingkan yang punya kebiasaan bangun pagi.

  1. Berpotensi besar menjadi orang sukses

Barack Obama, mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 dikenal suka membaca hingga lewat tengah malam meski aktivitas hariannya sudah sangat padat. Winston Churchill pun dikenal sebagai orang yang sering begadang. Orang-orang sukses di luar sana juga banyak yang mengaku hanya tidur empat jam sehari dan begadang semalaman untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Jika waktu begadang bisa kita maksimalkan dengan baik, maka potensi dan peluang kita untuk jadi orang sukses akan sangat besar.

  1. Kebal terhadap stres

Orang yang tidur tepat waktu dan bangun lebih pagi memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi daripada mereka yang suka begadang dan bangun lebih siang. Kecenderungan orang yang mood-nya buruk gara-gara bangun pagi, dikarenakan waktu aktivitas pagi yang lebih panjang dan sibuk sampai sepanjang hari, sehingga lebih cepat merasa frustasi, kesal, dan kekurangan energi pada akhirnya. Sebaliknya orang-orang yang suka begadang dan bangun lebih siang justru lebih santai dalam menjalani hari.

Orang yang begadang bangun dengan lebih rileks (m.liputan6.com)

Walau telah mengetahui manfaat dari begadang, namun tak ada artinya jika tidak diimbangi dengan menjaga pola makan dan kebiasaan hidup yang seimbang, Jika begadang, usahakan tetap memiliki waktu tidur yang cukup agar kesehatan tubuh pun bisa tetap terjaga. Begadanglah untuk hal yang benar-benar diperlukan!

Sumber: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3800507/5-kelebihan-orang-yang-punya-kebiasaan-begadang

 

(Claudia Noya/Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published.