Mahasiswa Baru Starter Pack

            “Wajah baru, dunia baru” merupakan kalimat yang tepat diberikan kepada mahasiswa baru atau biasa dikenal dengan istilah maba. Mahasiswa baru atau mahasiswa tingkat satu merupakan masa transisi dari masa remaja menuju dewasa. Mulai dari beradaptasi hingga mencari zona nyaman sendiri, sudah lumrah dilakukan oleh mahasiswa tingkat satu ini. Pasalnya masa SMA sangat berbeda dengan dunia mahasiswa yang mana merupakan satu langkah sebelum menempuh dunia yang sesungguhnya yaitu dunia kerja. Mengingat masa kuliah berbeda dengan masa SMA, kita harus tahu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa baru. Berikut adalah hal-hal umum yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa:

  1. Alat Tulis

Seperti alat perang, alat tulis merupakan amunisi yang harus ditunjang oleh para maba karena tanpa adanya alat tulis ilmu yang didapat ibarat masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Alat tulis yang wajib dimiliki oleh maba antara lain seperti binder, pulpen, pensil, dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan di setiap jurusan masing-masing.

Beberapa alat tulis yang harus disiapkan.(hipwee.com)
  1. Outfit

Berbeda dengan waktu SMA yang pakaiannya sudah ditentukan, di dunia perkuliahan rata-rata mahasiswa dibebaskan untuk memilih pakaian sendiri. Namun dengan dibebaskannya jenis pakaian, bukan berarti pakaian yang dipakai tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Pakaian yang dianjurkan adalah yang sopan, jenis pakaian yang lumrah digunakan mahasiswa yaitu celana panjang, kaos berkerah, kemeja dan sepatu tertutup.

Contoh outfit yang dapat digunakan saat kuliah. (Hipwee.com)
  1. Gadget

Di era millenial ini hampa rasanya jika kamu tidak memiliki gadget. Bukan tanpa alasan, karena hampir di setiap aktivitas yang ada pada jaman ini sangat dibutuhkan sekali peran dari alat elektronik ini. Di beberapa kampus fungsi gadget selain untuk berkomunikasi dan mengerjakan tugas kuliah, benda ini juga digunakan untuk menerapkan sistem pembelajaran berbasis online. Oleh karena itu gadget merupakan hal pokok yang harus dimiliki mahasiswa, minimal smartphone dan laptop.

  1. Mental

“Siapkan mentalmu!”, kalimat tersebut mungkin banyak ditakuti oleh calon mahasiswa. Meskipun kalimat tersebut terkesan dapat membuat rasa takut dan cemas, tetapi maksud dari persiapan mental di sini adalah kamu harus bisa membedakan mana mental ketika SMA dan mana ketika kuliah. Contohnya ketika di SMA kamu pasif dalam mendapatkan informasi, ketika kuliah nanti kamu yang seharusnya aktif dalam mencari informasi yang ada di kampus.

Itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum memasuki jenjang kuliah, pastikan kamu sudah mantap saat mengikuti perkuliahan, karena seperti yang sudah dibahas di atas dunia perkuliahan akan jauh berbeda dengan masa sekolah sebelumnya. Semangat kuliah!

 

(Albi Hilal / Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published.