Banjir Menerjang Beberapa Titik di Kawasan Jatinangor

Curah hujan yang tinggi, menyebabkan banjir di beberapa titik di Jatinangor seperti daerah sekitar Sungai Cikeruh, Sayang dan beberapa titik lainnya pada hari Jumat  (28/2/2020).

Kondisi Banjir di Komplek Puri Indah Jatinangor. (Rinaldy M. Yusuf/HMG)

Dalam kurun waktu beberapa jam, hujan yang tak kunjung reda sejak pukul 15.30 WIB menjadi penyebab utama meluapnya Sungai Cikeruh. Genangan air yang meluap setelah dua jam diguyur hujan, pada awalnya belum memunculkan spekulasi bahwa akan terjadi banjir yang terhitung jarang seperti ini. Namun luapan air yang berlangsung cepat terjadi pada pukul 17.30 WIB, mencapai ketinggian sekitar dua meter di titik tertinggi tepatnya di Perumahan Puri Indah Jatinangor.

“Sejak 10 tahun saya di sini baru dengar tentang musibah seperti ini, saya dengar dari anak FPIK yang dikondisikan ke asrama katanya kosan dia terendam sampai sekitar dua meter di Komplek Puri Indah Jatinangor.” Tutur Bapak Hanhan Sutrisna (55) dari Direktorat Sarana dan Prasarana Unpad. “Untuk masyarakat sekitar, tetap sabar dan selalu waspada karena sekarang hujan. Kalau mau minta bantuan ke petugas untuk dievakuasi, langsung kontak bapak saja.” Katanya menambahkan.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) turut andil pula dalam memastikan apakah ada korban yang perlu dievakuasi. Namun tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari banjir yang baru mulai surut sekitar pukul 21.00 WIB.

 

(Albi Hilal/Geocentric)

Leave a Reply

Your email address will not be published.