Garis Waktu

Garis waktu merupakan sebuah rekam jejak perjalanan Geocentric Unpad sejak satu dekade yang lalu hingga sekarang. Berikut merupakan perjalanan Geocentric dari tahun ke tahun yang terekam dalam gambar dan tulisan.

 

Geocentric 1

Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad. (Arsip Geocentric)

Di awal berdirinya, Geocentric masih berupa Divisi Jurnalistik yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Geologi  Unpad. Beranggotakan mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad yang sudah resmi menjadi anggota himpunan, Geocentric memberikan kontribusi langsung kepada warga himpunan melalui pembuatan buku “The Beginning to Understand: Geological Science” dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami ilmu dasar geologi.

 

Geocentric 2­

Buletin “Jurassic Times” yang disusun oleh crew Geocentric. (Arsip Geocentric)

Generasi kedua Geocentric mulai giat dalam hal menggores pena. Di dalam perkembangannya, buletin “Jurassic Times” akhirnya dapat diproduksi, masih dengan tujuan yang sama, yakni untuk membantu mahasiswa dalam memahami ilmu dasar geologi. Di sisi lain, pembuatan buletin ini menjadi sebuah ajang bagi crew dalam bidang publisistik untuk terus mengasah kemampuan mereka dalam bidang tersebut.

 

Kegiatan wawancara sedang dilaksanakan oleh crew Geocentric kala itu. (Arsip Geocentric)

Di tahun yang sama, Amazing Race mulai diperkenalkan sebagai salah satu rangkaian kaderisasi. Kesuksesan acara ini terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya dan kini, Amazing Race telah menjadi salah satu trademark rangkaian kaderisasi dari Geocentric.

 

Geocentric 3

Crew Geocentric berfoto di depan Gedung lama Fakultas Teknik Geologi. (Arsip Geocentric)

Vest, sebagai identitas dari Geocentric mulai diperkenalkan pada tahun ketiga Geoncetric berdiri. Hingga kini, vest masih menjadi satu-satunya identitas dari Geocentric yang kerap digunakan dalam acara Geocentric maupun acara himpunan yang menggunakan jasa Geocentric di dalamnya.

 

Cover dari Buletin es campur. (Arsip Geocentric)

Geocentric angkatan 3 mulai memperkenalkan “es campur” dan “es batu”, yaitu sebuah buletin karya dari crew yang berisi mengenai segala informasi di dalam himpunan dan ruang lingkup geologi, baik dari pengenalan mengenai berbagai lembaga yang ada, maupun informasi seputar kampus. Buletin ini pun dikemas semenarik mungkin pada zamannya, sesuai dengan ciri khas crew geocentric yang nyentric dan kreatif.

 

Geocentric 4

Suasana kemeriahan Bioskop Geocentric pertama. (Arsip Geocentric)

Generasi keempat Geocentric mulai beralih fokus untuk mendalami bidang sinematografi dan fotografi. Terselenggaranya acara “Bioskop Geocentric” yang pertama kali diadakan pada tahun tersebut membuktikan bahwa crew Geocentric tidak hanya lihai dalam menggores pena, namun juga dapat menghasilkan karya-karya pada bidang lainnya, yakni sinematografi.

Karya lain yang dihasilkan oleh Crew Geocentric ialah fotografi. Meskipun berfokus pada bidang jurnalistik, namun Geocentric tetap dapat menghasilkan karya dalam bidang sinematografi dan fotografi dengan hasil yang ciamik.

 

Geocentric 5

Pemutaran Cinema Geocentric kedua. (Arsip Geocentric)

Di tahun kelimanya, crew berlomba-lomba membuat sebuah karya dalam rangka memperingati dan mengapresiasi 5 tahun Geocentric Unpad berdiri. Melalui pembuatan video bertajuk “Empat Tambah Satu”, crew membuat sebuah karya yang kemudian menjadi salah satu film yang ditampilkan pada “Bioskop Geocentric”. Hal ini merupakan sebuah inovasi acara yang menuai kesuksesan pada tahun sebelumnya, dan dapat dinikmati oleh seluruh crew Geocentric.

Pada tahun ini pula, crew mulai menyadari bahwa Geocentric mulai merambah dunia sinematografi dan fotografi tanpa mengesampingkan bidang jurnalistik, oleh karenanya crew mencanangkan pembuatan sebuah pameran Geocentric yang bertujuan untuk mempubliksikan karya crew selama satu tahun kepengurusan.

 

Geocentric 6

Di tahun keenam, Geocentric mulai merambah dunia luar untuk mengembangkan salah satu program kerja rutin, yaitu Amazing Race. Konsep dari Amazing Race ini pun diubah sedemikan rupa agar dapat menarik minat mahasiswa Unpad untuk dapat berpartisipasi dalam Amazing Race.

Geocentric Journey juga merupakan sebuah proker baru yang cukup eksis di tahun ini, dimana para crew memilih Pulau Karimunjawa sebagai destinasi mereka dalam menghabiskan liburan dan bonding internal.

 

Geocentric 7

Tidak mau kalah dari tahun sebelumnya, di tahun ini Geocentric kembali mengadakan sebuah acara yang melibatkan pihak luar, yaitu sebuah lomba fotografi yang menjadi pre-event dari acara OGI (Olimpiade Geologi Indonesia).

 

Cover majalah Ruang Bumi 2. (Arsip Geocentric)

Puncaknya, di tahun yang sama Geocentric menerbitkan sebuah majalah yang diberi nama “Ruang Bumi” yang diterbitkan dalam dua edisi. Sebagai sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik, majalah merupakan sebuah bentuk eksistensi Geocentric ke dunia luar. Ditambah dengan kemasan dan topik bahasan yang menarik, Ruang Bumi menjadi salah satu pencapaian tersendiri bagi crew Geocentric.

 

Geocentric 8

Poster Amazing Race with HMG 2017. (Arsip Geocentric)

Di tahun ini, Geocentric kembali melanjutkan beberapa acara yang menuai kesuksesan di tahun sebelumnya, yaitu Amazing Race dan Ruang Bumi. Untuk Amazing Race sendiri, kali ini Geocentric menggandeng warga himpunan untuk dapat berpartisipasi di dalamnya, acara ini pun diberi nama “Amazing Race with HMG”. Rupanya, acara ini pun terbilang cukup sukses walaupun dengan skala yang tidak lebih besar dari tahun sebelumnya. Namun dapat dilihat bahwa antusias dari warga himpunan cukup baik dalam penyelenggaraan acara ini.

Ruang Bumi edisi ketiga turut hadir memberi warna dalam tahun tersebut dengan menghadirkan beberapa topik hangat di sekitar Jatinangor.

 

Cover majalah Ruang Bumi 3. (Arsip Geocentric)